Pendidikan

Belajar Bahasa Inggris Online: Adjective Clause

apa itu adjective clause

Salah satu elemen penting dalam proses belajar bahasa inggris baik online atau offline adalah adjective clause. Adalah salah satu materi kompleks dalam bahasa inggris. Sebab adanya kalimat dalam kalimat. Sehingga perlu hari-hati ketika mendefinisikan subjek yang ada dalam kalimat tersebut.

Jadi sebenarnya, apa sih adjective clause itu? Mari merapatkan kursi dan posisikan duduk kamu secara nyaman untuk bersiap mengetahui materi ini.

What Is Adjective Clause?

Jadi, apa yang disebut dengan adjective clause?

Grammar yang terdiri dari 2 kata, yaitu adjective dan clause. Fungsinya adalah menjelaskan noun dan pronoun, sedangkan clause merupakan sekumupulan dua kata atau lebih yang memiliki subjek tetapi belum bisa disebut sebagai kalimat.

Apa maksudnya?

Jadi tepatnya adalah 2 kata atau lebih (terdiri dari verb dan subjek) yang menjelaskan suatu kata sifat.

How To Identify in a Setence?

Bagaimana cara mengidentifikasi adjective clause saat ada dalam sebuah kalimat?

Cara mengidentifikasi bila ada dalam sebuah kalimat cukup mudah. Biasanya diawali dengan relative pronoun, seperti who, which, that dan sejenisnya. Jenis yang digunakan didasarkan pada noun dan pronoun yang diterangkan.

Sama halnya dengan noun clause, adjective clauses juga dibedakan menjadi beberapa tipe, seperti subject, object, subject complement. Bagaimana struktur atau rumus dari adjective clauses?

Structure

Adjective clause biasanya terkandung dalam kalimat kompleks, sebab  termasuk dalam structure kalimat kompleks. Untuk membentuk adjective clauses sendiri diperlukan relative pronoun (who, whom, whose, which, that, indefinite relative pronoun dan beberapa suffix ever)Struktur kalimat kompleks

Selain menggunakan relative pronoun, adjective clause juga disusun melalui relative adverb. Beberapa relative adverb yang digunakan, yaitu where, when, dan why.

Adjective clause dengan menggunakan where, berguna untuk menyatakan tempat, when berguna untuk menyatakan waktu sedangkan why berguna untuk menjelaskan alasan.

Lalu bagaimana sturukturnya?Adjective Clause Structure

Relative pronun adalah alternatif untuk adjective clauses apabila dalam kalimat tersebut tidak terdapat subject. Beberapa stuktur dalam 3 bentuk kalimat sebagai berikut:

Fungsi Penempatan
Menerangkan subject S + adjcls + verb +/- object +/- mofifier
Menerangkan object S + verb + object + adjcls
Menerangkan subject complement S + linking verb +  subject complement + adjcls

Relative Pronoun Function in Adjective Clause

Setelah tadi membahas mengenai relative pronoun pada proses pembentukan adjective pronoun, kira-kira apa sih fungsi dari relative pronoun? Berikut ini adalah penjabaran mengenai fungsi relative pronoun pada adjective clause. Simak baik-baik ya!

Macam-macam relative pronoun Penerapan adjcetive clause dalam kalimat
Subject:

Beberapa relative pronoun dapat berguna sebagai subjek dalam kalimat. Beberapa relative pronoun terebut, yaitu who, that, dan which

That is made of love. (yang terbuat dari cinta)

Penjabaran: Disubstitusikan dengan kata “it” dan termasuk dalam subjective personal pronoun.

Object:

Beberapa relative pronoun dapat difungsikan sebagai objek dalam kalimat. Relative pronoun tersebut, seperti whom, that, who, which.

 Saat menggunakan bahasa inggris yang tidak formal, maka kata-kata tersebut dapat dihilangkan

Which is i wish to say. (yang saya ingin katakan)

Penjabaran: Disubstitusikan dengan kata “it” dan termasuk dalam objective personal pronoun

Possessive:

Relative pronoun yang berguna untuk possessive hanya whose

Whose house has burned down.(yang rumahnya telah terbakar)

Penjabaran: Disubstutusikan dengan kata “his” dan termasuk dalam possessive personal pronoun

Type

Adjective clause memiliki 2 tipe, yaitu defining dan non-defining. Biasanya dalam kaliat berada di psisi tengah-tengah kalimat. Untuk membedakan antara dua tipe ini, diperlukan adanya koma.

Umumnya defining adjective clause tidak menggunakan koma dalam penerapan di sebuah kalimat. Sebab informasi yang terkandung dalam kalimat termasuk penting dan keberadaan koma akan mengubah arti dari kalimat tersebut.

Sedangkan non-defining adjective clause biasanya menggunakan koma ketika diterapkan dalam sebuah kalimat. Sebab ada atau tidaknya koma tidak akan mengubah makna dari kalimat tersebut.

Berikut ini adalah contoh penggunaannya dalam kalimat:

Defining adjectives clause People who chew well may have healthy digestion. (orang-orang yang mengunyah dengan baik mungkin memiliki pencernaan yang sehat)
Non-defining clause Nanda, who works out three times a week, has a positive body image. (nanda, yang berolahraga tiga kali dalam seminggu, memiliki citra tubuh yang positif)

Example

Beberapa pengimplementasian adjective clause dalam kalimat cukup sederhana. Berikut ini beberapa contohnya, simak baik-baik di sini ya!

Relative Pronoun Pengimplementasian pada kalimat
Who She is the girl who works hard to support their daily needs. (dia perempuan yang bekerja keras untuk mensupport kebutuhan sehari-hari mereka)
Whom The girl whom you saw last night is my sister.(perempuan yang kamu lihat tadi malam adalah adik saya)
Whose The woman, whose car had a flat tire, works as an Informatics Teacher. (Wanita yang ban mobilnya kempes bekerja sebagai guru informatika)
Which Tris, which is very cute, is my cat. (Tris, yang sangat manis, adalah kucing saya)
That It is the car that I really like. (ini mobil yang saya sangat sukai)
Where Jakarta is a city where I  was born. (Jakarta adalah kota dimana saya dilahirkan)
When I still remember the day when we first met. (aku masih ingat hari ketika kita pertama bertemu)
Why The pie chart shows the main reasons why customers leave your company. (chart pai menunjukkan alasan utama mengapa pelanggan meninggalkan perusahaanmu)

Demikanlah pembahasan mengenai adjective clause, mulai dari pengertian, jenis, contoh dan penggunaannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

kampung-inggris-pare

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*